Pentingnya Iman

Senin, 17 Januari 2011

Agama terdiri dari serangkain perintah Tuhan tentang perbuatan dan akhlak, yang dibawa oleh par rosul untuk menjadi pedoman bagi umat manusia. Mengimani hal ini dan melaksanakan ajaran-ajaran tersebut akan membawa kepada keberuntungan dan kebahagiaan hidip manusia didunia dan akhirat.Kita tau bahwa orang yang beruntung adalah orang yang mempunyai tujuan yang baik dalam hidupnya, yang tidak tersesat kejalan yang keliru, yang memiliki akhlak yang baikdan terpuji, dan mengerjakan perbuatan yang baik. Meskipun hidup ditengah hiruk-pikuknya dunia, orang seperti ini hatinya akan selalu tenang, kuat dan penuh kepastian.

Iman menurut bahasa berarti keyakinan atau kepercayaan. Sedangkan menurut istilah berarti kepercayaan tentang adanya Allah sekaligus membenarkan apa saja yang dating dari Allah dengan cara meyakini dalam hati, menyatakan dengan lisan, dan membuktikan dengan amal nyata. 

Dengan demikian iman itu bukan sekedar pengertian dan keyakinan dalam hati; bukan sekedar ikrar dgn lisan dan bukan sekedar amal perbuatan saja tapi hati dan jiwa kosong. Imam Hasan Basri mengatakan “Iman itu bukanlah sekedar angan-angan dan bukan pula sekedar basa-basi dgn ucapan akan tetapi sesuatu keyakinan yg terpatri dalam hati dan dibuktikan dgn amal perbuatan.  
                                                                                                                                                 
POSISI DAN KEDUDUKAN IMAN DALAM DIENUL ISLAM

Iman dalam Dienul Islam menempati posisi amat penting dan strategis sekali. Karena iman adl asas dan dasar bagi seluruh amal perbuatan manusia. Tanpa iman tidaklah sah dan diterima amal perbuatannya. Firman Allah SWT dalam Qur’an Surah An-Nisa’ 124 yg artinya “Barangsiapa yg mengerjakan amal-amal shaleh baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yg beriman maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun.”
Juga dalam Qur’an Surah Al-Isra’ 19 yg artinya “Dan barangsiapa yg menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dgn sungguh-sungguh sedang ia adl mu’min maka mereka itu adl orang-orang yg usahanya dibalasi dgn baik.”

Disebutkan dalam hadits dari Al-Bara’ ibn ‘Azib Radhiyallahu ‘Anhu bahwa ada seorang kafir datang dgn bertopeng sambil membawa sepotong besi kemudian memohon kepada Rasulullah SAW agar diperkenankan pergi bersama kaum Muslimin utk ikut berperang. Maka beliau bersabda kepadanya “Masuklah Islam kemudian pergilah berperang!” Lalu iapun masuk Islam dan ikut pergi berperang sehingga terbunuh. Nabi SAW bersabda “Dia beramal sedikit tetapi dibalas dgn pahala yg banyak.” .
Disebutkannya iman dalam Al-Qur’an lbh dari 840 kali1 tiada lain menunjukkan posisi dan kedudukannya dalam Islam menurut Allah SWT.

4 komentar:

Rilahi mengatakan...

Informasi agama yg sangat berharga... zaman skrg diperlukan artikel2 yg berpotensi meningkatkan keimanan... oleh karena itu saya memfollow blog ini... lihat #8,

--admin terselubungsekali--

http//www.arzendho.com mengatakan...

sempurna

my story and other mengatakan...

nice gan lanjutkan .....

Penulis Lepas mengatakan...

betul mas iman sangat penting dan harus kita tanamkan disetiap diri kita ..... makasih mas

Posting Komentar

minta masukan bila ada pemahaman yang salah

Popular Posts